Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
EksisPTC

Kamis, 10 Mei 2012

5 Orang Jenius yang Mengalami Gangguan Mental

Dunia mencatat beberapa kehadiran orang-orang yang berkategori jenius yang mengalami gangguan mental. Beberapa kisah pernah diangkat ke dalam film Hollywood, salah satunya film A Beautiful Mind yang dibercerita tentangi kisah peraih nobel matematika, John Nash.  Berikut daftar 5 orang jenius tersebut :


1. Sir Isaac Newton (1642 – 1727)
Fisikawan terkemuka di dunia sepanjang masa ini mengalami Psychotic Tendencies dan Mood Swings. Tidak hanya itu, dari berbagai surat peninggalannya, ia disimpulkan juga mengalami Skiofrenia. Gangguan mental yang dialami oleh Newton diyakini akibat ayahnya yang meninggal saat ia belum lahir, dan kondisi yang dipaksa berpisah dengan ibunya di umur yang masih belia. Akibatnya, Newton mengalami trauma yang mempengaruhi kejiwaannya.
Sir Isaac Newton (Sumber: Web)

2. Ludwig van Beethoven (1770 – 1827)
Kontribusi Beethoven dalam dunia musik sangatlah monumental. Beethoven berhasil membawa dunia musik masuk ke jenjang yang baru berkat ide-idenya yang berani. Namun masa kecilnya yang dihantui kebiasaan ayahnya yang pemabuk serta keluarga yang jauh dari kata harmonis membuat Beethoven mengalami Bipolar Syndrome. Ia kerap mengalami penyiksaan oleh ayahnya sehingga juga mengakibatkan ia kehilangan indra pendengarannya saat berusia 30 tahun. Dalam beberapa suratnya ke saudaranya, dikatakan bahwa Beethoven berkali-kali ingin membunuh dirinya.
Ludwig van Beethoven (Sumber: Web)

3. Edgar Allan Poe (1809 – 1849)
Sastrawan yang terkenal dengan puisi yang berjudul The Raven ini, juga suka menulis kisah-kisah detektif dan cerita horor. Ia memiliki penekanan yang kuat dan terstruktur dalam karya-karyanya. Ia juga dianggap sebagai pelopor cerita detektif era modern.Selain sastrawan besar, Poe dikenal sebagai pemabuk berat. Dalam beberapa surat-suratnya diketahui Poe sering menyatakan keinginan bunuh diri. Beberapa pakar kejiwaan menila Poe mengalami Bipolar Disorder.
Edgar Allan Poe (Sumber: Web)

4. Vincent van Gogh (1853 – 1890)
Pelukis yang memperoleh ketenaran saat ia sudah meninggal ini adalah seniman yang dikenal memiliki gangguan mental. Ia diketahui pernah memotong sebagian telinganya sendiri, mabuk terpentin serta mencoba makan cat. Ia akhirnya bunuh diri pada tahun 1890. Beberapa psikolog terkemuka menilai van Gogh menderita Bipolar Disorder dan Skizofrenia.
Vincent van Gogh (Sumber: Web)

5. John Nash (1928)
Nash adalah matematikawan terkenal di dunia. Ia meraih nobel atas jasanya di bidang ilmu pasti tersebut. Dalam film yang berjudul A Beautiful Mind, yang diangkat dari kisah John Nash, digambarkan ia mengalami gangguan Skizofrenia. Pemenang penghargaan film “A Beautiful Mind” mempopulerkan cerita tentang John Nash. Nash adalah seorang matematikawan terkenal di dunia yang berjuang dengan skizofrenia. (**)
John Nash (Sumber: Web)


0 komentar:

Posting Komentar