Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
EksisPTC

Minggu, 11 September 2011

Inca Kuno Sudah Melakukan Operasi Kepala 500 Tahun Yang Lalu

Percaya tidak bahwa pembedahan kepala dengan cara membuka tulang kepala sudah dilakukan manusia sejak lima ratus tahun yang lalu ? Kalau anda tidak percaya, lihat saja penjelasan di bawah ini :

Suku Inca kuno yang hidup di benua Amerika, tepatnya di pegunungan Andes diketahui sudah melakukan operasi pembedahan kepala dengan cara membuat lubang di tengkorak kepala manusia. 

Kondisi perang  yang menyebabkan para prajuritnya mengalami luka trauma terutama dikepala, wajah ataupun di bagian hidung yang  membuat dapat membuat pendarahan di dalam otak sehingga  tidak sadarkan diri. Salah satu pengobatan yang di lakukan oleh suku Inca adalah dengan membuatkan lubang pada tengkorak kepala tanpa adanya pisau bedah baja, anastesi dan obat antibiotik seperti saat sekarang. Peralatan yang digunakan sangat sederhana yaitu pisau  setengah lingkaran yang terbuat dari campuran emas, perunggu dan tembaga.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Southern Connecticut State University ditemukan bahwa seorang prajurit Inca bahkan pernah melakukan operasi trepanasi (membuat lubang di tengkorak kepalanya ) hingga tujuh kali. Dan dengan cara trepanasi ini dipercaya akan mengurangi pendarahan di otak, meningkatkan kesadaran diri.


0 komentar:

Posting Komentar