Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
EksisPTC

Jumat, 29 April 2011

Wow,... Ternyata Dahulu Ular ada kakinya

Mengejutkan! Ular ternyata dulunya mempunyai kaki! Hal itu diketahui setelah ilmuwan mempelajari fosil ular yang hidup pada Zaman Cretaceous yaitu sekitar 92-95 juta tahun yang lalu. Fosil tersebut ditemukan tahun 2000 di Desa Al-Nammoura, Lebanon. Para ilmuwan memberinya nama spesies Eupodophis descouensi.

Fosil tersebut ditemukan tidak dalam kondisi utuh. Melainkan sebagian ruas tulang belakangnya telah hilang. Bagian ekornya juga sudah terpisah yang berada di dekat kepalanya. Walaupun para peneliti dari European Light Source (ESRF) di Grenoble, Prancis dapat melihat tulang kaki depan sangat jelas, tetapi untuk melihat tulang kaki belakang yang tersembunyi dalam fosil batuan mereka harus melihatnya dengan bantuan sinar X dan pencitraan resolusi tinggi tiga dimensi (3D).

Mau tahu fotonya seperti apa? Ini dia penampakannya!

Ular Berkaki

Tulang-tulang tersebut panjangnya hanya sekitar dua sentimeter saja dan tidak digunakan untuk berjalan. Menurut Journal of Vertebrate Paleontology, pertumbuhan kaki ular Eupodophis descouensi kian lambat hingga akhirnya menghilang. Berdasarkan fosil-fosil tertua yang ditemukan, ular mulai berkembang sekitar 150 juta tahun yang lalu. Ada dua teori yang masih menjadi perdebatan antara ilmuwan. Dan salah satunya adalah ular berkembang dari reptil darat dan mulai beradaptasi setelah menjelajahi perairan.

Ilmuwan yang percaya ular berkembang dari reptil berkaki mengkarakteristikan ular primitif yang masih hidup sampai sekarang. Misalnya adalah ular Boa dan Piton. Mereka memiliki sepasang struktur tulang di dekat ujung ekornya yang diperkirakan sebagai sisa kaki yang tidak lagi berkembang. Namun tetap saja ada ilmuwan yang tidak percaya akan teori evolusi. Mereka yakin setiap alat tubuh diciptakan sesuai dengan fungsinya, seperti sepasang tulang pada ular Boa dan Piton yang saat ini diketahui digunakan untuk mengapit pasangan saat kawin. Dari bukti-bukti yang ada, ular mulai kehilangan kakinya sekitar 150 juta tahun yang lalu.

Lalu, pendapat manakah yang benar? Atau Anda punya pendapat tersendiri? Silahkan sampaikan pendapat Anda pada kolom komentar!


0 komentar:

Posting Komentar