Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
EksisPTC

Minggu, 20 Februari 2011

Ditemukan fosil bayi Mammoth langka



INILAH.COM, Jakarta-Bayi mammoth bernama Khoma berusia di atas 50 ribu tahun ditemukan di kawasan beku sebelah utara Siberia. Fosil itu merupakan contoh langka dari raksasa prasejarah yang melakukan perjalanan ke Paris.
Khoma merupakan bayi tertua dari 6 bayi mammoth yang ditemukan di Siberia selama 200 tahun, ujar Bernard Buigues, ahli herbivora dari Prancis yang bekerja sama dengan pihak Rusia.

Ini tidak mungkin menggunakan karbon 14 untuk mencari waktu pasti sehingga berarti ini berusia lebih dari 50 ribu tahun di mana penanggalan karbon tidak efektif untuk kasus ini, ujar Buigues.

Seperti dikutip dalam Yahoo News, Khoma yang belum diketahui apakah jantan atau betina, meninggal saat usia 6 atau 7 bulan. Fosil ini ditemukan oleh pemburu pada Juli 2009 dalam batuan beku yang mencair di dekat sungai Khroma yang berjarak 2000 kilometer sebelah utara Yakutsk di dekat Laut Artik.

Tubuh yang terbungkus es ini sebagian telah dimakan oleh rubah yang melahap kerangka dan bagian atas kepalanya. Awalnya, tim ilmuwan Rusia memeriksa hewan ini kemudian menginformasikan kepada Buigues yang bekerja pada pihak berwenang di Moscow. Ini berkaitan dengan bagaimana Khoma melakukan perjalanan hingga Eropa.
Analisis mikrobiologi awal menunjukkan Khoma menyimpan pontensi kuman yang sangat tua tapi mematikan. Ini kemungkinan besar anthracis yang dapat menyebabkan anthrax dan penyakit paru-paru hitam sehingga menuntut penanganan khusus dan analisa lebih lanjut.


1 komentar:

TAmriN GANteNK mengatakan...

BAyinYA AJA seGEDE GTU y, APALAgi BIAngnYA

ARMStrOng_prODucT@YAhOo.cO.ID

Posting Komentar