Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
EksisPTC

Senin, 06 Mei 2013

Bumi akan Digantikan Oleh 3 Planet ini


Berita8.com
Keadaan planet Bumi semakin kacau, para ilmuwan mencoba mencari harapan untuk kehidupan manusia di planet lain. Para ilmuwan ini mengungkapkan bahwa menemukan tiga planet yang menjadi kandidat terbaik untuk dihuni di luar sistem tata surya kita.

Satelit NASA Kepler, yang bertugas mengawasi lebih dari 150 ribu bintang berhasil menemukan tiga planet baru.

Dalam sebuah studi yang dirilis di jurnal Science, dua planet tersebut adalah Kepler-62e dan Kepler-62f. Planet ini adalah bagian dari sistem lima planet yang memungkinkan untuk mendukung kehidupan. Sayangnya, letak planet ini sangat jauh.

Bintang induk planet ini, memiliki fungsi seperti Matahari milik Bumi, dengan nama Kepler-62, dan nama planet di sekitarnya dinamai dengan huruf-huruf di belakang angka.

Semakin kecil planet, semakin besar kemungkinan planet tersebut berbati dan semakin kecil terbuat dari gas, kata William Borucki, peneliti utama program Kepler di NASA Ames Research Center.

Kepler-62f dianggap 40 persen lebih besar dari Bumi dan berpotensi memiliki kemiripan dnegan Bumi dari ketiga penemuan baru itu.

Planet ini bisa menjadi berbatu, ujar Borucki, dengan kutub, daratan, dan juga air. Jumlah hari dalam setahun juga mirip Bumi, yaitu 267,3 hari.

"Jika Anda berdiri di Kepler-62f, bintang di langit akan terlihat lebih besar dari matahari kita. Namun, tingkat pencahayaan akan seperti berjalan-jalan di Bumi pada hari berawan," kata Borucki pada konferensi pers.

Sedangkan, Kepler-62e, 60 persen lebih besar dari Bumi dan lebih dekat dengan bintang induknya. Planet ini bisa disebut sebagai planet air karena ditutupi sebagian besar oleh lautan, planet ini memiliki perhitungan waktu setahun 122,4 hari.

Planet ketiga yang berpotensi dihuni adalah Kepler-69c, planet ini tidak termasuk dalam studi. Studi ini dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal.

Merupakan planet terkecil yang pernah ditemukan di zone huni daerah dekat sebuah bintang di mana planet dapat secara teoritis menahan air yang likuid.

Kepler-69c tampaknya kurang pas disebut sebagai zona layak huni dibandingkan dengan dua planet sebelumnya, tetapi para ilmuwan tidak mengesampingkan hal itu.

"Dengan semua penemuan ini, kita menemukan fakta bahwa Bumi bukan satu-satunya. Ada hal-hal yang mirip Bumi di mana-mana," kata Thomas Barclay, ilmuwan program Kepler di Bay Area Environmental Research Institute di Sonoma, California.

Namun, mimpi manusia untuk pindah planet lain masih terhalang. Jarak Kepler-62 dari Bumi sekitar 1.200 tahun cahaya dan Kepler-69 sejauh 2.700 tahun cahaya. Satu tahun cahaya sama dengan 6 triliun mil. Tidak bisa dibayangkan, berapa lama perjalanan ini.


0 komentar:

Posting Komentar